Canang Sari di dalam Taksi

Di bagian depan sebuah taksi yang berseliweran mencari penumpang di jalan-jalan kota Denpasar, di hotel-hotel kawasan Nusa Dua dan Kuta, setiap hari para sopir (yang beragama Hindu) selalu mempersembahkan Canang Sari.
Kalau kita sebagi penumpang taksi bertanya kepada sopir taksi yang bersangkutan "apakah itu hanya sebuah dekorasi?". Sopir yang ditanya oleh penumpangnya, pasti akan menjawab sekenanya "itu adalah Canang Sari yang dipersembahkan kepada Hyang Widhi agar kita menjadi rahayu dalam perjalanan". Jawaban taksi itu sah-sah saja dan memang benar adanya.
Tetapi jika dikasi secara mendalam, sopir taksi tersebut telah mengimplemantasikan konsep ajaran filsafat dan tattwa kosmogoni (Tri Angga, Tri Mandala) yang rinciannya adalah sebagai berikut:
(1) Parhyangan
berada di bagian depan kendaraan, tempat mempersembahkan canang sari setiap hari
(2) Palemahan
badan taksi (jok depan - belakang)
(3) Pawongan
sopir taksi itu sendiri dan penumpang yang baik duduk di depan maupun di belakang.
Sedangkan tempat barang-barang (bagase) di bagian belakang taksi itu adalah Nista Mandala
Seperti itulah para sopir taksi yang beragama Hindu mengimplementasikannya, sehingga menjadi keunikan dan kekhasan yang menarik.

note:

Canang Sari adalah bentuk persembahan paling sederhana ,canangsari berupa wadah terbuat dari janur diisi bunga dan dupa sebagai sarana melakukan persembahyangan orang Bali . Canang sari itu sendiri bermakna : Sesajen ,dimana isinya mayoritas bunga -bungaan. Walaupun sederhana, Canang sari sangat populer dan dibutuhkan masyarakat Bali. Selain itu, Canang sari sangat indah dipandang mata dengan dupa dan cipratan air suci, ada aura sejuk yang dipancarkan dari canang sari .Canang sari dipergunakan untuk melengkapi persembahan lainnya atau dipergunakan pada hari-hari tertentu seperti: hari kliwon, bulan Purnama, bulan Tilem atau persembahyangan di tempat suci.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons